Bedah Buku “Building a Second Brain” Diego Forte

Ini adalah ringkasan bedah buku yang ditulis oleh Tiago Forte yang berjudul “Building a Second Brain”.

Seperti judul bukunya, Om Forte mengajarkan kita bagaimana membangun otak ke 2 selain otak kita yang sekarang kita gunakan.

Ide dasarnya adalah otak kita sudah terlalu sering overload informasi. Menurut New York Times, manusia modern rata-rata mendapatkan beban informasi sebesar 32Gb setiap harinya. Fantastis bukan?

Ini bukanlah hal yang menyenangkan dan tidak heran kita seperti mudah lupa, kehilangan fokus, kehilangan arah dan prioritas, dan lain-lain.

Om Forte mengajarkan 4 langkah sederhana jika kita ingin membangun otak ke 2 dengan 4 tahap sederhana yakni C-O-D-E (Capture, Organize, Distill dan Express)

Capture

C untuk Capture, artinya kita harus menangkap informasi yang benar-benar penting dan menaruhnya ke dalam catatan. Bisa digital ataupun buku catatan konvensional.

Agar tidak mengulang siklus overload, maksimal per hari tangkap 2 informasi atau pengetahuan yang paling penting untuk anda.

Organize

O untuk Organize. Mengorganisasikan informasi dengan 4 kategori P-A-R-A, Projects, Areas, Resources, dan Archives.

Projects (proyek-proyek) merupakan tempat penyimpanan informasi dengan tujuan jangka pendek, biasanya berurusan dengan tengggat waktu yang sedang anda selesaikan.

Areas (area) merupakan tempat penyimpanan hal-hal yang berkaitan dengan komitmen berkelanjutan. Contoh: informasi keuangan pribadi.

Resources (sumber daya) adalah tempat penyimpanan topik-topik yang ingin dieksplorasi namun belum termasuk proyek ataupun area.

Archives (arsip) merupakan tempat untuk proyek-proyek yang sudah selesai dikerjakan, topik-topik yang tidak berhubungan langsung dengan proyek yang sedang anda prioritaskan. Meskipun tidak menarik dan relevan dengan keadaan saat ini, pengetahuan-pengetahuan ini masih relevan untuk anda simpan di otak kedua.

Dari kategori-kategori ini, proyek adalah yang paling dapat ditindaklanjuti; Arsip paling sedikit. Setiap aset pengetahuan yang Anda peroleh harus ditugaskan ke salah satu dari empat area berikut. Dengan begitu, mereka ditempatkan dalam urutan yang dapat segera ditindaklanjuti.

Distill

Setelah urusan mengorganisir selesai, sekarang saatnya melakukan Distill (penyulingan).

Langkah ini berisi identifikasi, ekstraksi, dan menyaring informasi dan pengetahuan.

Jika dibuat langkah sederhana kurang lebih seperti ini:

  • Pertama, simpan artikel yang menarik minat
  • Kedua, membacanya dan menyorot bagian-bagian penting.
  • Ketiga, menebalkan ide-ide dan frasa-frasa kunci dalam bagian-bagian tersebut
  • Keempat, tulis ringkasan eksekutif dari ide-ide kunci tersebut – tidak lebih dari beberapa kalimat.

Express

Langkah terakhir adalah Express (Mengekspresikan), langkah ini dilakukan setelah proses pengumpulan informasi, penyaringan sampai dengan penyimpanan dengan rapi.

Langkah ini dilakukan untuk menerapkan pengetahuan-pengetahuan yang sudah disimpan.

Jadi express ini memungkinkan anda untuk melakukan (mencoba) apa yang sudah dipelajari dan dipahami agar pengetahuan tersebut menjadi sesuatu yang nyata memberi manfaat.

Proses membangun otak kedua dengan CODE, menurut penulis merupakan proses yang dilakukan terus menerus sampai menjadi sebuah kebiasaan sehingga anda sudah tidak akan lagi melupakan informasi dan pengetahuan penting.

Bagaimana menurut anda? Layakkah dicoba?

Oh ya, jika rangkuman buku ini dibuat mindmap, kurang lebih seperti ini:

Mindmap Building a Second Brain
Mindmap Building a Second Brain

Demikian bedah buku “Building a Second Brain” semoga bermanfaat dan sampai jumpa di bedah buku berikutnya.

Berlangganan Artikel

Dapatkan info terbaru dan terupdate tentang inovasi dalam pembelajaran & manajemen kepemimpinan sekolah melalui email anda dengan klik tombol berikut GRATIS.

Agenda Terdekat

About The Author

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top

ChatGPT Mastery

Tingkatkan Produktivitas 10x Lebih Baik dengan Panduan ini!